Kenangan Bersama Ustazah Maimunah

Oleh : Hamni Azmi

Bu Mimin, begitu saya biasa menyebut beliau. Saya sudah mengenal beliau sejak masih kecil. Bu Mimin adalah sahabat kedua orangtua saya. Beliau adalah putri dari Imam Zarkasyi Pimpinan Pondok Modern Gontor. Kenapa keluarga kami kenal dengan beliau. Karena Babah, adalah salah satu santri dari Imam zarkasyi di Gontor.

Sejak kami pulang ke Indonesia dan tinggal di Banjarmasin dan Bu Mimin pun juga tinggal bersama suami dan anak-anak beliau di Banjarmasin. Kami menjadi dekat. Dan saya lebih mengenal beliau lagi setelah menikah dan kembali dari studi. Tepatnya setelah Babah meninggal.

Saya dan Mas Iwan sering menimba ilmu dari Bu Mimin dan suami apabila kami sedang ke Banjarmasin. Pengetahuan beliau yang sangat luas. Nasihat beliau yang sangat mengena pada kami. Dan buku-buku yang beliau berikan kepada saya. Mencerahkan dan membuat hati menjadi tenang.

Dan pagi ini, saat saya mendengar kabar bahwa Bu Mimin telah wafat. Hati saya sakit. Seperti teriris. Saya mencoba mencari info lebih jelas tentang kabar berita ini. Dan ternyata kabar itu benar. Beliau meninggal hari ini 5 Juli 2020 pada dini hari.

Air mata tak dapat dibendung. Saya teringat ga sampai satu bulan lalu, tiba-tiba teringat beliau dan mencari-cari no telpon beliau. Namun ternyata sudah tidak ada lagi dalam memori phone book. Namun sayang, saya tidak berusaha mencari lagi no hp beliau. Dan beberapa hari ini, mata saya tu rasanya berair terus, pengen nangis. Padahal ga ada sesuatu yang membuat saya menangis. Dalam hati membantin “Ada apa ya?” Dan berdoa semoga semua baik-baik saja.

Hingga pagi ini, air mata saya tumpah. Padahal lagi di tempat sejawat dokter gigi di Batulicin. Saya tidak dapat menahan duka atas kepergian Bu Mimin. Bahkan saat menulis ini pun, mata masih berkaca-kaca.

Kenangan bersama beliau memang tidak banyak, namun kenangan yang beliau berikan adalah kenangan yang indah dan menyenangkan. Bu Mimin juga adalah salah seorang yang me dukung saya dalam meneruskan perjuangan membangun Dhia El Widad hingga saat ini. Allah yar hamhaa.

Saya bersaksi bahwa Bu Mimin atau Ustazah Maimunah adalah orang yang baik. Orang yang sholehah.

Seluruh Keluarga Besar Yayasan Dhia el widad mengucapkan belasungkawa dan duka yang mendalam atas wafatnya Ustazah Maimunah, semoga Allah memberikan rahmat kepada beliau dan mengampuni dosa serta meluaskan kubur beliau. Dan menempatkan beliau di syurganya. Amin Ya Rabbal alamin.

Semoga Ustad Bambang dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dalam menerima ketetapan Allah ini.

dhiaelwidad. com /Hamni Azmi

0Shares