Agent Pendidikan

Oleh : Hamni Azmi

Pendidikan tidak terlepas dari dua hal, orang yang di didik dan orang yang mendidik. Kedua hal ini bisa terjadi pada diri kita. Baik bersamaan atau pun salah satunya secara bergantian.

Artinya kita pernah menjadi orang yang dididik oleh orang tua, guru di sekolah, guru ngaji, baik dalam pendidikan formal atau non formal. Dan juga pasti akan menemui masa menjadi seorang pendidik baik sebagai orang tua atau pun sebagai seorang pendidik di lembaga pendidikan.

Namun tidak semua kita bisa mendapatkan pendidikan terbaik. Banyak yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Bisa karena lingkungan yang tidak mendukung, orang tua yang tidak peduli dengan pendidikan anak-anaknya. Sibuk melakukan aktifitas lain sehingga mengesampingkan tugas sebagai seorang pendidik. Padahal pendidikan diajarkan pertama kali ada di dalam rumah.

Permasalahan lain adalah tempat pendidikan yang tidak bisa melaksanakan fungsi pendidikan seutuhnya. Guru sebagai pendidik tidak melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya.

Hingga akhirnya apabila seorang anak tidak mendapatkan pendidikan terbaiknya di rumah mau pun di sekolah. Maka ia tidak akan dapat memilih lingkungan yang tepat untuk perkembangan jiwanya. Dan tentu ini akan terus mengalir hingga ia besar dan dewasa.

Hal ini tidak akan putus begitu saja. Pada saat si anak membangun sebuah keluarga. Dan ia tidak menemukan pasangan yang mampu memutus rantai yang salah ini, tentu ketimpangan pendidikan akan terus mengalir pada generasi berikutnya. Dan akan mendunia.

Lalu bagaimana cara kita memutus rantai ini. Agar cukup sampai pada diri kita saja ketidakberhasilan pendidikan itu.

Caranya adalah :

  1. Niatkan hati untuk melakukan perubahan ke arah yang baik, pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan.
  2. Jadilah seorang pembelajar. Membekali diri dengan ilmu yang mendukung pada perbaikan keilmuan maupun kejiwaan.
  3. Bergeraklah, action. Aplikasikan ilmu yang telah dipelajari untuk melakukan perubahan dari hal yang termudah, dimulai pada diri sendiri.
  4. Pilihlah lembaga pendidikan yang mampu bersinergi mewujudkan keinginan kita.
  5. Libatkan Allah untuk menuntun dan mewujudkan segala rencana perubahan.

Selalu ada jalan menuju sebuah perubahan yang baik. Mari jadikan diri kita sebagai bagian, sebagai agent dalam mencerdaskan dan mendidik generasi kita. Agar menjadi orang-orang yang berkualitas sejak dini.

Apapun profesi kita, semua kita, semua orang tua, semua guru punya tanggungjawab besar dalam memberikan pendidikan terbaik.

Semoga Allah mudahkan langkah kita menjadi agent perubahan ini. Insya allah.

Selamat Hari Pendidikan

Sebamban, Bumi Bersujud
02 Mei 2020
09 Ramadhan 1441 H

HariPendidikanNasional

Tetapdirumahbersamakeluarga

DhiaElWidad.com / Hamni Azmi

0Shares